Senin, 17 September 2012

Merawat Rambut Sehat Alami



Semua orang pasti ingin memiliki rambut yang bagus dan sehat, karena rambut itu sendiri merupakan mahkota dari diri kita. bayangkan saja jika anda tidak memiliki rambut sama sekali, atau memiliki rambut namun sangat tidak sehat pastinya akan sangat mengganggu baik itu dari segi penampilan maupun dari segi kesehatan.
 
Tidak semua orang memiliki rambut sehat dan berkilau, pasti ada saja masalah yang timbul pada rambut mulai dari kusam, bercabang hingga rambut rontok dan berketombe yang pastinya memerlukan perawatan yang lebih khusus. Selain dapat menambah nilai plus untuk penampilan anda, rambut juga berfungsi sebagai pelindung kepala dari sinar matahari.

Memiliki rambut yang sehat dan indah sudah menjadi impian banyak orang sejak dulu.
Berikut ini beberapa Tips Merawat Rambut Agar Sehat dan Indah.

1.  Makan Makanan Bergizi; Makanan yang anda konsumsi juga berpengaruh pada kesehatan rambut. Selain buat tubuh, mengkonsumsi makanan lengkap gizi juga akan membantu rambut anda sehat. Sayuran dan buah-buahan oke banget untuk rambut anda. Misalnya untuk kerontokan rambut anda bisa memperbanyak konsumsi protein yang terkandung dalam tahu atau susu kedelai. Kalau mau yang lebih asyik bisa diselingi sama keju-low fat, telur, ikan, kacang-kacangan, atau yogurt. Anemia ternyata juga mempengaruhi kerontokan rambut, karenanya pilih makanan yang banyak mengandung zat besi seperti hati sapi, daging, sereal, kurma, atau kismis.

2.  Cuci Rambut Mencuci Rambut Minimal 2X Seminggu; Merupakan perawatan dasar untuk rambut sehat. Kalau aktivitas anda berlebih, anda perlu mencuci rambutmu lebih sering. Tapi jangan terlalu sering ya, karena keseringan mencuci rambut bisa menghilangkan kelembaban alami rambut. Memilih shampo juga bagian penting dari mencuci rambut. Sampo yang mengandung kelapa cocok untuk rambut kering, sampo yang mengandung jojoba bisa bikin rambut mudah diatur, sedangkan sampo yang mengandung Lemon dipercaya bikin rambut anda makin mengkilat. Nah, buat yang ingin memanjangkan rambut atau menghilangkan ketombe, bisa pilih shampo yang mengandung ekstrak apel.

3.   Gunakan Vitamin Rambut; Jangan lupa pakai vitamin rambut. Kandungan pada shampo biasanya belum mencukupi kebutuhan vitamin untuk rambut jadi nggak ada salahnya kalau anda menambahkan vitamin atau nutrisi khusus untuk rambut. Vitamin yang berbentuk seperti mutiara dan berisi cairan bisa anda dapetin di supermarket atau salon terdekat.

4.  Hindari Bahan Kimia; Hanya karena ikutan-ikutan trend, kadang tidak memperhatikan kalau pemakaian obat kimia bisa berdampak kurang baik buat rambut. Obat keriting, pelurus ataupun pewarna rambut hampir pasti mengandung bahan kimia yang bisa menjadikan rambut rusak bila tidak dirawat dengan baik. Itu artinya, ketika memutuskan untuk memakai salah satu bahan tersebut, anda harus menyediakan waktu dan dana ekstra untuk perawatan rambut seperti creambath atau hair spa. Itu semua biar rambut anda nggak rusak karena pemakaian obat kimia. Perawatan semacam ini bisa anda konsultasikan kepada si penata rambut ketika anda memutuskan untuk mengecat atau meluruskan rambut.

5.   Lakukan Perawatan Rambut; Perawatan seperti hair spa dan creambath nggak harus dilakuin di salon. Creambath sendiri di rumah juga asyik banget. Caranya gampang, pergi ke supermaket terdekat cari obat Creambath yang sesuai dengan kebutuhan (misalnya: untuk rambut kering, berminyak, atau berketombe). Petunjuk pemakaian biasanya tertera di bungkus obat creambath yang anda beli.

6.     Potong Ujung Rambut Secara Berkala; Kalau anda berniat memanjangkan rambut, jangan lupa untuk selalu memotong ujung rambut sebulan sekali. Memotong ujungnya bisa mencegah rambut bercabang.

Merawat rambut memang terbilang susah susah gampang, dan harus menggunakan Cara yang tepat pasalnya karena perawatan yang salah malah bisa mengakibatkan kerusakan rambut. Berikut beberapa Cara Merawat Rambut yang baik dan benar agar sehat alami.

1.  Rambut Berminyak; Untuk mengatasi rambut berimnyak Gunakan shampoo dan conditioner yang ringan. hindari memegang rambut terlalu sering karena hal ini akan membuat rambut menjadi cepat kotor. gunakan sisir dengan gigi yang jarang, dan hindari penggunaan sisir bergigi rapat.
2.   Rambut Kombinasi ; Yang dimaksud dengan Rambut Kombinasi adalah jenis rambut dimana kulit kepala berminyak tetapi kondisi ujung rambut kering, dalam mengatasi jenis rambut seperti ini Gunakan shampoo hanya kulit kepala dan conditioner hanya pada ujung rambut. Untuk menghindari ujung rambut bercabang, lakukan pengguntingan ujung rambut setiap 6 minggu. Selain itu, gunakan sisir bergigi jarang dan hindari sisir yang berbentuk sikat.
3.  Rambut Kering; Gunakan conditioner yang mengandung pelembab. Hindari proses pewarnaan dan pengeritingan. Pada saat keramas, pijat dan gosok kulit kepala dengan lembut. jangan terlalu sering keramas. dan ketika selesai berkeramas jangan menggunakan pengering rambut biarkan rambut kering dengan alami, hal ini dilakukan untuk menjaga rambut agar tidak kehilangan kelembaban alaminya.
4.   Rambut Rontok; Seperti halnya rambut beminyak, gunakan sisir bergigi jarang dan jangan menyisir rambut terlalu keras.
5.  Rambut Berketombe; Gunakan shampoo anti ketombe sesering mungkin dan segera hentikan saat ketombe mulai berkurang. Hindari menggaruk kulit kepala untuk mencegah infeksi. Segera konsultasi ke dokter apabila setelah pemakaian shampoo anti ketombe dalam 2 minggu tidak ada perubahan atau bahkan kulit kepala malah terasa sakit, gatal, atau meradang.

 Agar rambut tetap sehat sehari-hari, perawatannya tak bisa dianggap sepele. Berikut ini sepuluh langkah dalam menjadikan rambut tetap sehat secara alami.
1.              Jangan terlalu sering menyisir rambut sebab bisa merusak
karena rambut akan mudah patah. Pilihlah sisir bergigi jarang
dan fleksibel untuk mengurangi kerontokan rambut akibat patah pada waktu menyisir.
2.      Cucilah rambut minimal 2x seminggu. Namun, jangan mencucinya terlalu sering sebab hanya akan menghilangkan kelembaban alami rambut.
3.            Biarkan rambut kering dengan membungkusnya dengan handuk selama 5 menit atau biarkan sebentar agar rambut terkena angin dan udara. Baru gunakan hair dryer, setelahnya.
4.     Gunakan hair shine atau serum agar rambut lebih bercahaya. Tuang sedikit ke telapak tangan, kemudian usap ke seluruh bagian rambut terutama bagian terluar.
5.    Jangan gunakan produk perawatan rambut yang berbahan alcohol dengan konsentrasi tinggi dan bisa menutup pori-pori kulit kepala juga merusak rambut.
6.            Pakai hair spray secukupnya, karena hair spray mengandung zat polimer yang bisa menahan kelembapan rambut.
7.         Usahakan jangan terlalu sering mengikat rambut, terlebih pada tempat yang sama dan untuk jangka waktu yang lama. Ini hanya akan menjadikan rambut rapuh, mudah patah.
8.     Gunakan swim cap atau penutup rambut ketika berenang. Ini mencegah rambut terkontaminasi air kolam yang mengandung bahan kimia.
9.            Jangan terlalu sering mengecat rambut, apalagi menggunakan hairdryer bersuhu terlalu panas dalam jarak terlalu dekat. Lakukan creambath seminggu sekali untuk menyehatkan akar rambut. (dari Berbagai Sumber).

Cara Cepat Hamil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar