Senin, 10 September 2012

Merawat dan Menjaga Agar Jantung Sehat


Mempunyai jantung yang sehat adalah salah satu pertanda bahwa anda akan panjang umur. Pada makhluk hidup, jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan menampungnya kembali setelah dibersihkan organ paru-paru.
Jantung dapat diibaratkan sebagai pompa air, dan pembuluh darahnya sebagai pipa yang mengalirkan air. Jika air yang dipompanya kotor, tidak saja menyebabkan penempelan kotoran pada dinding pipa dan menghambat aliran air, tetapi juga memaksa pompa bekerja ekstra keras, dan ini akan mempercepat kerusakan pompa. Jika kerusakan itu terjadi pada jantung dan tak lagi berdegup, tak mampu memompa darah ke seluruh tubuh, tamat sudah riwayat kita.
Adapun gejala penyakit jantung secara umum yang harus diwaspadai sejak dini diantaranya :
  • Jantung berdebar-debar (perasaan tiba-tiba berdebar, berkibar, atau balap di jantung).
  • Kurangnya energi; lelah.
  • Pusing (perasaan pingsan atau pusing).
  • Dada tidak nyaman (nyeri, tekanan, atau ketidaknyamanan pada dada).
  • Sesak napas (kesulitan bernapas selama aktivitas hidup sehari-hari).
Untuk agar jantung kita sehat maka jangan malas untuk melakukan olahraga, karena dengan berolahraga maka tubuh kita menjadi sehat. Berikut ini adalah beberapa olahraga yang dapat kita lakukan untuk menyehatkan jantung:
  1. Jalan Cepat : Tubuh manusia dilahirkan untuk
    berjalan. Jalan cepat adalah cara alami untuk meningkatkan kebugaran tubuh, terutama jantung. Selain itu, jalan cepat
    bekerja lebih baik untuk orang dengan gemuk atau overweight. Hal ini karena jalan cepat dapat membantu mengurangi lemak otot di area dekat sendi.
  2. Lari : Meski lebih menantang ketimbang jalan, lari adalah aktifitas fisik jantung sehat yang mudah untuk
    dilakukan. Selain itu, lari juga merupakan salah satu cara terbaik
    unutk membakar kalori. Dengan begitu, ketika Anda sedang
    berusaha menurunkan berat badan, ada bonus lain yaitu
    kesehatan jantung.
  3. Berenang : Kolam renang bisa jadi merupakan tempat terbaik untuk bermalas-malasan sambil mengapung, tapi air di kolam renang bisa menjadi tantangan kebugaran tubuh. Berenang atau olahraga air lain tidak hanya akan meningkatkan
    denyut jantung dan meningkatkan kesehatan jantung, air  memberikan resistensi multi-arah yang akan meningkatkan kekuatan otot dan suara.
  4. Bersepeda : Aktivitas kardiovaskular lain yang mudah adalah bersepeda. Dengan bersepeda, Anda bisa jalan-jalan
    keliling komplek rumah atau taman sambil meningkatkan kesehatan jantung, membangun kekuatan dan mengencangkan tubuh
Berikut beberapa tips cara menyehatkan jantung:
  1. Tidur yang cukup; Dengan kita tidur yang cukup secara teratur, maka jantung kita akan sehat. Sebuah study tahun 2010 menunjukkan bahwa manusia yang tidur di bawah enam jam tubuhnya beresiko memiliki banyak protein C-reactive yang berkaitan dengan penyakit jantung.
  2. Rajin berolahraga; Dengan kita rajin berolahraga, jantung akan sehat. Itu dikarenakan tekanan yang teratur dan jantung akan berdetak dengan normal.
  3. Makan sayur; Selain memkan buah, sayur juga merupakan faktor penting untuk menjaga kesehatan jantung. Sayuran yang memiliki serat dan kaya vitamin sangat penting bagi jantung.
  4. Mengkonsumsi buah; Mengkonsumsi buah setiap hari akan mendukung untuk menyehatkan jantung. Tidak perlu buah yang mahal, cukup buah tropis yang mudah di dapatkan. Contohnya buah pepaya dan jeruk yang memiliki banyak vitamin c. Selain itu ada buah melon yang juga memiliki vitamin c, potasium, dan antioksidan karotenoid.
  5. Perbanyak minum air putih; Minumlah air mineral secukupnya. Karena sebuah Study di Amerika tahun 2002 meyatakan jika banyak meminum mineral akan mengurangi resiko serangan jantung 41%.
Selain itu juga makan kacang-kacangan sangat dianjurkan untuk menyehatkan jantung. Dimana kacang bukan hanya teman menonton bola. Banyak pakar kesehatan meyebut kacang sebagai makanan super. Kacang mengandung asam lemak tak jenuh dan berbagai nutrisi yang penting untuk kesehatan jantung. Makanan ini termasuk dalam santapan lezat yang sehat.

Jenis kacang apa yang dikonsumsi sebenarnya tak terlalu penting, meski kandungan nutrisi dan lemak pada kacang berbeda-beda tergantung jenisnya. Kacang kenari, almond, kacang hijau, kacang kulit, dan sebagainya, punya nutrisi komplit pada setiap butirnya.

Berbagai penelitian menunjukkan orang yang rutin makan kacang-kacangan memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) yang rendah dalam darah. Kadar LDL yang tinggi menyumbang risiko tinggi pada penyakit jantung. Oleh karena itu, kemampuan kacang untuk menurunkan LDL sangat menguntungkan.

Selain mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah yang bisa memicu serangan jantung fatal, kacang juga meningkatkan kesehatan pembuluh arteri.

Kendati ada berbagai ragam dan jenis kacang, namun para ahli sepakat kacang pada dasarnya mengandung tiga kandungan yang penting untuk jantung berikut ini:
  1. Asam Lemak Tak Jenuh; Kandungan lemak baik dalam kacang, baik asam lemak monounsaturated dan polyunsaturated mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.
  2. Asam Lemak Omega-3; Kebanyakan kacang kaya akan asam lemak omega-3 yang efektif mencegah berbagai penyakit jantung. Selain pada kacang, omega-3 juga bisa kita dapatkan pada ikan.
  3. L-arginine; Kacang juga kaya l-arginine, senyawa yang membantu kesehatan dinding pembuluh darah dengan membuatnya lebih fleksibel dan tak gampang tersumbat.
  4. Serat; Seluruh jenis kacang-kacangan mengandung serat yang berguna untuk menurunkan kolesterol. Serat juga akan membuat kita lebih mudah merasa kenyang sehingga kita tak akan makan berlebihan.
  5. Vitamin E; Meski belum terlalu jelas namun para ahli menduga vitamin ini membantu perkembangan plak di arteri yang bisa menimbulkan penyempitan yang berujung pada rasa sakit di bagian dada atau serangan jantung.
  6. Sterol Tumbuhan; Sterol tumbuhan (plant sterol) adalah senyawa organik yang efektif menurunkan kolesterol. Biasanya senyawa ini ditambahkan pada berbagai produk seperti margarin untuk menambahkan manfaat kesehatan.

Sedikit informasi semoga bermanfaat…………..

Cara Cepat Hamil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar