Selasa, 11 September 2012

Mencegah Kanker dengan Cara Sehat


Kanker adalah salah satu sillent killer yang ditakuti oleh banyak orang. Bersama jantung dan diabetes, kanker menduduki peringkat tiga besar di Indonesia sebagai penyakit yang paling banyak memakan korban jiwa. Yang lebih mengkhawatirkan adalah fakta bahwa pasien meninggal akibat kanker kian hari kian meningkat. Kanker lebih banyak disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Makanan yang tidak sehat, jarang olahraga dan lingkungan yang tercemar. Tak heran bila akhir-akhir geliat semangat back to nature semakin nampak. Masyarakat mulai melirik terapi pengobatan berbasis alam, apalagi berbagai tanaman obat yang dibutuhkan untuk pengobatan kanker cukup melimpah di negeri ini.

Radikal bebas seperti asap rokok, asap kendaraan bermotor dan industri berbahaya bagi kulit. Jika terpapar lama akan menyebabkan kerusakan kulit serius. Apalagi di iklim tropis seperti di Indonesia paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet A mengakibatkan kanker kulit.

Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit pada taraf abnormal. Penyebab kanker kulit berbeda-beda dan tingkat keganasan kanker pun berbeda-beda. Kanker kulit paling umum terjadi pada lapisan sel skuamosa, basal dan melanosit. Kanker kulit biasanya tumbuh di lapisan terluar atau kulit epidermis, sehingga tumor dapat terlihat dari luar.

Kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling mudah ditemukan gejalanya pada stadium awal. Kanker kulit yang paling sedikit resiko kematian pada penderita. Karena kulit jarang dapat mencapai organ-organ vital seperti jantung, paru-paru, ginjal dan batang otak pada manusia.

Padahal, kulit tak hanya sekadar berfungsi kecantikan tapi juga penting untuk kesehatan. Kulit tubuh, katanya, berfungsi menjaga suhu tubuh dan menjaga dari bahaya bakteri. "Merawat kesehatan kulit bisa dengan spa, lulur dan baluran pelembab,". Selain itu, disarankan mengonsumsi makanan sayur dan buah secara seimbang. Serta minum air putih delapan gelas setiap hari. "Juga berolahraga 30 menit sepekan tiga kali,"

Berikut adalah 10 makanan yang terbukti klinis ampuh melawan kanker:

1.     Kacang; Kacang merupakan sumber protein nabati yang terbaik dan mengandung kadar serat yang cukup baik. Kacang yang berwarna putih kemerahan memiliki efek anti kanker yang lebih besar dibandingkan yang berwarna kebiruan. Kacang yang lebih berwarna memiliki efek lebih ringan.
2.     Brokoli dan sayuran sejenisnya; Brokoli dan sayuran sejenisnya seperti kol, kembang kol, kubis, dan kangkung mengandung senyawa yang ampuh melawan kanker. Senyawa tersebut adalah indole-3-karbinol (I3C) dan diindolylmethane (DIM). I3C dan DIM meningkatkan metabolisme estrogen agar menjadi lebih aman. Hormon estrogen diketahui dapat memicu kanker. Tunas brokoli juga merupakan sumber sulforaphane, fitokimia yang telah terbukti dapat meningkatkan produksi enzim pelawan kanker. Dua senyawa lain pelawan kanker adalah lutein dan zeaxanthin yang juga ditemukan pada sayuran. Lutein terbukti dapat melawan kanker prostat dan kanker usus besar.
3.     Wortel; Wortel merupakan sumber beta-karoten, antioksidan kuat yang terbukti dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker prostat, mulut, tenggorokan, usus besar, lambung, dan kandung kemih.
4.     Cabai Merah; Cabai merah mengandung capsaicin, zat yang memiliki kemampuan memerangi kanker di beberapa bagian tubuh.
5.     Bawang putih; Bawang putih mengandung senyawa allium yang dapat meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh yang dirancang untuk melawan kanker. Senyawa, ini disebut sultides dialyl dan mampu menghalangi karsinogen masuk ke dalam sel, sekaligus memperlambat perkembangan tumor. Orang yang rutin makan bawang putih mentah ataupun dimasak akan menurunkan setengah risiko kanker perut dan dua pertiga risiko kanker kolorektal,.
6.     Jamur; Ada berbagai jamur yang berbeda dengan kandungan kimia yang berbeda pula. Jamur shiitake, reishi, Coriolus versicolor, dan maitake diketahui memiliki sifat melawan kanker. Kemampuan antikanker ini diduga akibat kandungan polisakarida yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kuat melawan kanker. Jamur juga mengandung protein atau molekul gula yang disebut lektin. Lektin terbukti memiliki kemampuan mencegah sel kanker berkembang biak. Senyawa lain dalam jamur adalah ergosterol peroksida yang dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker prostate.
7.     Raspberi; Raspberi merupakan sumber antioksidan dan fitonutrien yang disebut anthocyanin yang dapat melindungi tubuh dari kanker.
8.     Anggur; Resveratrol adalah antioksidan yang biasanya terkandung dalam buah anggur dan anggur merah. Dimana bahwa resveratrol dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat.
9.     Tomat; Antioksidan dan fitonutrien yang disebit likopen banyak terkonsentrasi pada tomat yang dimasak atau diolah. Para peneliti menegaskan bahwa konsumsi produk tomat sering dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat. Selain itu, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi tomat dan likopen berhubungan dengan penurunan risiko kanker paru-paru.
10.Kunyit; Kunyit sudah dianggap sebagai makanan antikanker karena memiliki berbagai sifat anti kanker yang penting. Bahwa kurkumin, bahan aktif dalam kunyit, memiliki berbagai sifat anti kanker.


Selain bahan makanan tersebut juga banyak sekali tanaman obat yang berpotensi sebagai antikanker, diantaranya adalah :
1.   Tapak Dara; Tapak Dara sebelumnya hanya dikenal sebagai tanaman hias. Diketahui bahwa Tapak Dara mampu membasmi kanker, khususnya leukimia. Ini disebabkan karena tanaman bernama latin Catharanthus roseus ini memiliki kandungan senyawa aktif Vincristine dan Vinblastine. Senyawa aktif Tapak Dara juga digunakan pada kemoterapi leukimia, kanker cabang tenggorokan, tumor pada ginjal, kanker payudara dan berbagai kanker ganas pada otot dan urat saraf. Namun perlu diingat, senyawa jenis ini sangat beracun, sehingga penggunaannya tidak boleh sembarangan. Ketepatan dosis harus sangat diperhatikan.
2.     Keladi Tikus; Keladi tikus memiliki nama latin Typhonium flagelliforme. Keladitikus termasuk tanaman obat yang paling menonjol yang digunakan sebagai terapi antikanker. Khasiat keladitikus sebagai antikanker bahwa ekstrak air dan etanol keladitikus mampu menghambat enzim tirosin kinase yang mempengaruhi perkembangan sel-sel kanker. Kemudian ekstrak natrium klorida daun keladitikus mengandung Ribosom Inactivating Protein (RIPs). Ekstrak daun keladitikus tersebut ternyata mampu memotong rantai DNA sel kanker. Akibatnya pembentukan protein sel terhambat sehingga sel kanker gagal berkembang.
3. Jamur Ling Zhi; Jamur bernama latin Ganoderma lucidum ini mengandung polisakarida yang dikenal sebagai pembangun imunitas tubuh. Mengkonsumsi ling zhi secara rutin akan merangsang produksi interferon I dan II yang memiliki efek antikanker. Efek antikanker ling zhi ditunjukkan dengan terhambatnya protein kinase C, senyawa yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang. Selain mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker, ling zhi juga mampu mengatasi tumor. Senyawa karbohidrat itu merangsang makrofag untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyerang antigen seperti bakteri, virus, dan sel kanker.
4. Pinang ; Pinang memiliki buah yang ternyata memiliki khasiat luar biasa dalam menumpas kanker. Ekstrak etanol biji tumbuhan bernama latin Areca catechu ini mampu menghambat pertumbuhan dan proliferasi sel kanker payudara. Ekstrak biji pinang juga menurunkan proliferasi dan memacu proses penghancuran sel kanker atau apoptosis.

Diambil dari berbagai sumber, semoga bermanfaat..

Cara Cepat Hamil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar